PILIH SAHABAT BERNUANSA SURGA

Assamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

fiuuuhh…

Ternyata lama juga tidak mampir ke blog ini yaa.. hampir tiga tahun.

Baiklah…

Untuk salam kangen, kali ini kami posting salah satu tulisan kami yang dimuat di majalah Elfata rubrik Oase Sahabat.

semoga bermanfaat..

——–

PILIH SAHABAT BERNUANSA SURGA

Hati Fahrul berdegup kencang, dia sadar betul kali ini sudah terlalu kebablasan. “Ayo lah Rul… lepas dulu baju alim mu.. anggap saja ini refreshing hati!”, Marlan memang piawai urusan rayu-merayu. Fahrul takluk! Hatinya bergejolak, Malu, merasa berdosa dan kenikmatan bercampur jadi satu. Dia tahu benar ini semua diharamkan Allah, tapi jiwanya telah dibungkam oleh tipu daya iblis yang congkak bercokol dihatinya.

—– … continue reading this entry.

Keluarga Penyandang Disabilitas Itu, Saya Mengaguminya!!

Image

Kecintaan pada dunia pendidikan dan anak-anak menggamit langkah ini menapaki kepingan puzzle baru lembaran hidup saya. Hampir tujuh tahun menjelajahi dunia mengajar dari TK hingga SMU, menorehkan banyak pengalaman berharga dalam menghadapi berbagai tipe warga belajar dari yang apik hingga yang unik. Yang pasti mereka semua adalah bintang!!

Tepat diawal tahun ajaran 2012/2013 ini, saya didaulat menjadi penanggung jawab asrama di salah satu Islamic Boarding School bertaraf nasional yang berlokasi di Jawa Tengah. It’s CHALLENGE!! it’s CHALLENGE!! Sugesti terus saya kokohkan dalam jiwa agar semangat tetap menggelora.

Hari-hari pertama menjalani tugas ini, saya mengerahkan segenap kejelian dan ketelatenan mengenali satu persatu karakter sahabat-sahabat kecil saya. Yah, satu hal yang mafhum bahwa sebelum maju berperang kita perlu mengenali medan terlebih dulu. Jangan sampai kita grusa-grusu maju tanpa strategi jitu, lalu terseok-seok dalam medan yang ternyata penuh kubangan dan sandungan.

Seorang ibu muda berparas ayu datang menghampiri mengulurkan sejumlah amplop, “Nitip uang saku harian untuk anak saya Qozi, Bu” ujarnya. Qozi adalah murid yang   tahun ini baru pindah ke boarding school disini. Terungkap harap yang mendalam dari keluarganya, kelak Qozi menjadi ahli agama dan hafidz (penghafal Qur’an) yang mumpuni.

Saya amati segepok amplop yang berwarna biru muda itu. Pandangan saya tertahan pada larik-larik pesan yang tertulis pada amplop tersebut. Satu persatu saya baca.

“Mama dan papa sayang Qozi”

“Qozi juara terhebat”

“Qozi jadi yang tercepat yaa!”

“Mama dan papa bangga pada si hebat Qozi”

“Jangan lupa dzikir dan berdoa ya anak shalih”

“Qozi akan menjadi hafidz (penghafal Al Qur’an) insyaallah”

… continue reading this entry.

Belajar Tega! Anakku Bisa kok Makan Sendiri

Bismillah,

Bagaimana kabar bundas hari ini?

Masih dengan semangat membara ibu profesional kan yaa..

ayo.. ice break dulu bund biar selalu semangaat pagiiii!

Check sound……Huha

What your Problem?…….No Problem

What’s?……Challenge!!

what’s?……..CHALLENGE!!

Protect Your Self…….Cancel cancel go away

Ibu professional….huuuu Yes!

================================

Yup, tulisan kali ini adalah salah satu challenge dari master mind menulis Institut Ibu Profesional.  Bimbingan suhu kita Bapak Burhan Shodiq (Penulis buku Best Seller: Ijinkan Aku Menikah Tanpa Pacaran, Kau memang Cantik, dll). Menulis cepat, menggulirkan ide bak air mengalir.

3 kata kunci nya adalah:

Kata benda: anak

kata kerja: makan

kata sifat: kurus!

 

Mari mulai menulis cepat dan meaning full.

… continue reading this entry.

Bermain, Bercerita, Membaca, Horeee aku bisa!! -;cara raihan belajar baca;-

Image

Bismillah,

Kesempatan kali ini  pengen sedikit berbagi tentang sebuah metode ‘Belajar Membaca’ yang disukai Raihan (3y+) di rumah.

Definisi singkat model metode ini adalah belajar membaca dengan bercerita dan melibatkan anak.

 

Latar Belakang

  • Merespon adanya aturan diknas yang melarang pengajaran calistung pada anak usia dini/preschool memakai sistem buku, karena khawatir akan membebani anak. So di sekolah raihan (ibnu abbas) selalu explor metode2 pengajaran calistung dengan bermain yang menyenangkan.
  • Metode ini sebenarnya adapted dari ustadzah Desta ‘Hafiza Alfakeeha’. Metode ini dipakai untuk mengajar siswa di kelasnya (diadaptasi jg oleh guru2lain menyesuiakan jenjang kelas masing2) belajar membaca yang menyenangkan, gak mbosenin apalagi membebani anak.
  • Alasan utama kenapa memilih metode ini buat raihan sebenarnya lbh karena melihat si raihan itu tipikal anak yang hobi banget cerita, komentar, berbahasa dan imajinasinya tinggi -masyaalloh, laahaula walaa quwwata illa billah- maka dengan belajar membaca dgn metode cerita dan bermain ini sangat mengena buat raihan, karena tampaknya bukan tipe pembelajar visual.
  • Kalau raihan baca pake buku (iqra’ atau AISM) baru baca 1 baris udah komentarnya panjang x lebar, akhirnyaa jadi lamaaa waktu belajarnya untuk fokus pada tulisan kembali. misal diajarin baca huruf ‘ta’ tahu. ntar dikomen dulu sama raihan “tahu itu yg aku makan kemarin ya mi, temannya tempe, tahu itu banyak gizinya, besok aku… bla.. bla…bla..” itu baru satu suku kata, nah kalo sehalaman buku itu? Bisa dibayangkan asiknya ndengarin komen raihan.

  … continue reading this entry.

KURIKULUM MATERI TARIKH (USIA 2-6 TAHUN)

Di bawah ini adalah ringkasan materi tarikh yang disampaikan setiap pertemuan di Full Day School IBNU ABBAS. Materi yang disampaikan sekali pertemuan adalah 1 nomor, dibawah ini materi tarikh terbagi menjadi 29 nomor, berarti 29 kali pertemuan. Namun demikian terkadang satu nomor bisa disampaikan hingga 2 kali pertemuan menyesuaikan berat tidaknya materi dan tingkat kepentingan materi untuk dibahas lebih mendalam. Sistem penyampaian materi ini adalah cerita dan tanya jawab. Cara berceritanya pun harus semenarik mungkin, bisa dengan sambil menggambarkan ilustrasinya, dengan boneka tangan, meminta anak memerankan menjadi tokoh tertentu untuk membacakan dialognya, dll. Hal ini untuk menambah ketertarikan anak sehingga point2 materi mudah diserap. Kurikulum tarikh ini juga bisa dijadikan dongeng sebelum tidur untuk anak. Semoga bermanfaat.

=======================================

RINGKASAN TARIKH ( kitab sirah nabawiyah : syaikh Syafiyyur Rahman Al Mubarakfury)

=======================================

Tujuan : Anak mengenal nabi khususnya nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan mengidolakannya

 MATERI UNTUK USIA 4-6 TAHUN

MATERI SHIROH TAHUN PERTAMA

( kitab sirah nabawiyah : syaikh Syafiyyur Rahman Al Mubarakfury)

  1. Posisi bangsa arab

Bangsa Arab dikelilingi gurun pasir, selalu hidup merdeka karena sulit bagi bangsa lain untuk menjajah, sedangkan laut Arab menjadi tempat berlabuh berbagai bangsa untuk mengadakan hubungan dagang dan lainnya sehingga menjadikan bangsa Arab lebih banyak hidup berdagang.

  1. Agama Bangsa Arab

Bangsa Arab adalah bangsa keturunan nabi Ibrohim. Awalnya bangsa Arab menyembah Allah saja(Islam). Kemudian datang Amr bin Luhay membawa patung besar yang bernama Hubal dan meletakkannya di dalam Ka’bah. Amr mengajak orang-orang menyembah patung dan memenuhi Ka’bah dengan 360 patung. Mereka menyembelih korban untuk patung, berdo’a minta sehat dan kaya kepada patung. Mereka juga suka pergi ke dukun dan tukang ramal. Ada juga orang yang beragama Yahudi, Kristen dari bangsa lain yang pindah ke Arab dan menetap di Arab.

… continue reading this entry.

Alokasi Waktu Jadwal Belajar Anak

Jadwal belajar anak ini bisa dilakukan di rumah, atau diterapkan di sekolah. kurikulum atau materinya bisa ambil di draf kurikulum pada postingan sebelumnya.

Nb: Jika jadwal ini diterapkan di rumah maka bisa lebih fleksibel waktunya. bisa siang atau sore menyesuaikan jadwal bundanya. tetapi tetap perhatikan keefektifan jam belajar.

1   08.00-08.15    Sharing dan membuat aturan belajar

  • Siswa menceritakan perasaan hari ini, apa yang membuatnya merasa demikian. dimulai dengan guru, kemudian ditawarkan pada murid yg akan duluan cerita
  • Siswa menceritakan cerita masing-masing secara bergantian dan siswa lain wajib mendengarkan untuk melatih disiplin antre dan menghormati orla yg sedang bicara
  • Membuat aturan dan sanksi untuk selama pembelajaran hari ini (siswa sendiri yang membuat aturan dan sanksinya, guru hanya mengarahkan) serta menunjuk polisi dan tentara kelas

Nb: kegiatan ini untuk melepaskan siswa dari uneg2 yg terpendam sebelum belajar, agar tidak ada ganjalan selama proses pembelajaran, agar guru lebih memahami siswa. peraturan yang dibuat sendiri oleh siswa akan lebih mengena dan efektif dari pada peraturan yg didoktrin oleh guru

… continue reading this entry.

DRAF KURIKULUM Usia 2-6 Tahun

TEMA DAN SUB TEMA
SEMESTER I

AKU ( 3 Pekan)
1. Identitasku(nama, usia, jenis kelamin, nama ayah/ibu, alamat rumah)
2. Nama anggota tubuh
3. Ciri-ciri anggota tubuh(warna, bentuk jumlah)
4. Kesukaanku(makanan, permainan, warna, kegiatan)
5. Alat indra dan fungsinya
6. Macam-macam rasa(pahit, manis, asin, asam, sepat/sepet, pedas)
7. Macam-macam perabaan(kasar, halus, tajam, panas, dingin)
8. Macam-macam pembauan(wangi, amis/anyir, busuk, sedap)
9. Macam-macam suara(keras, lembut, nyaring, melengking, mendengung, menggema)
10. Macam-macam penglihatan(jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar)
… continue reading this entry.

Yang ngaji yang Berprestasi

Alhamdulillah, Akhirnya kesampaian juga merampungkan naskah.. duet dengan suami tercinta. Naskah kali ini adalah pesanan Majalah ELFATA untuk rubrik “SPIRIT”, sebuah rubrik berisi motivasi bagi kawula muda (makanya bahasanya rada gaul dan santai) untuk hidup lebih baik dan bersemangat. Insyaalloh kedepan tulisan2 kolaborasi kami berdua akan mewarnai rubrik SPIRIT ini (semoga Alloh mudahkan untuk naskah2 berikutnya). dan inilah tulisan perdana kami… tentang “berprestasinya para remaja yang Ngaji!” semoga bermanfaat. Mohon masukan dari teman-teman.

 

*****************************

YANG NGAJI, YANG BERPRESTASI

“Nilaimu kok turun terus setelah ngaji?!”, ungkap seorang ibu pada anaknya yang baru semangat dalam majelis ta’lim.

 

Adakah sobat Fata yang demikian? Semoga tidak. Seringkali dimata umum prestasi menjadi tolok ukur utama yang langsung terlihat terutama buat remaja yang masih duduk di bangku sekolah, meski prestasi bukanlah melulu punya anak sekolah atau anak kuliahan. Penilaian itu tidaklah salah, karena memang di zaman serba materi ini, kebanyakan orang akan menilai berdasar sesuatu yang nampak dari diri seseorang. Seorang remaja akan dinilai sukses bila memiliki nilai akademik yang tinggi, pekerjaan yang mapan, jabatan organisasi ini dan itu, atau prestasi dibidang lain. Sebaliknya jika nilai akademik turun alias sudah masuk area mengkhawatirkan bahkan ‘nilai jeblog’ bisa dibilang remaja ini nggak berhasil dan dikatai anak pemalas. Wah kalo sudah sampe kata terakhir nih, ngeri kayaknya kalo tersemat pada diri seorang remaja muslim.

… continue reading this entry.

Belum lama ku kenal Beliau, namun hati ini begitu akrab dan aku mencintai Beliau karena ALLOH

Beliau Ustadzuna bernama  Armen Halim bin Jasman Naro bin Nazim bin Durin رحمه الله. Nasihat-nasihat dalam ceramah2 beliau sangat menyentuh qalbu, betapa banyak hati2 menjadi lembut, air mata deras mengalir menerima untaian mutiara hikmah yang beliau sampaikan, begitu indah, lembut dan menyentuh jiwa. Setelah beliau meninggal, justru semakin banyak umat islam yang mengagumi hikmah2 beliau, yang mendapat hidayah dan tergugah hatinya atas kehendak ALLOH ta’ala kemudian oleh dakwah beliau.
… continue reading this entry.

Muamalah Allah Terhadapmu Sesuai Dengan Muamalahmu Terhadap Hamba-Nya

Renungan bagi kita semua agar senantiasa cermat dan berhati-hati memilih sikap terbaik dalam bermuamalah dengan orang lain. Muamalah Allah Terhadap kita Sesuai Dengan Muamalah kita Terhadap Hamba-Nya.

wa nastaghfirullohal adzim, wallohul musta’an

*********************************

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على رسول الله نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن والاه, وبعد:

 

Di dalam sebuah Hadits, Rasulullah shallallahu “alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah ta”ala hanya merahmati hamba-hambaNya yang pengasih.” (HR. Bukhari).

Bukankah perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan?, barang siapa yang mengasihi makhluk, maka ia akan dikasihi al-Kholiq (pencipta), Rasulullah shallallahu “alaihi wa sallam bersabda: “Orang yang pengasih akan di kasihi Dzat yang Maha Pengasih, kasihilah yang di bumi, maka yang di langit akan mengasihimu.” (HR. Tirmidzi).

 

Balasan suatu perbuatan sesuai dengan perbuatan tersebut.

 

Allah ta”ala bermuamalah dengan hamba sesuai muamalah hamba terhadap sesamanya, maka bermuamalah-lah dengan hamba Allah ta”ala dengan muamalah yang mana engkau mengharapkan Allah ta”ala bermuamalah seperti itu terhadapmu.

 

Allah ta”ala berfirman: “Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni mereka maka sesungguhnya Allah ta”ala Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. at-Taghobun: 14).

… continue reading this entry.

« Older entries
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya