DRAF KURIKULUM Usia 2-6 Tahun

TEMA DAN SUB TEMA
SEMESTER I

AKU ( 3 Pekan)
1. Identitasku(nama, usia, jenis kelamin, nama ayah/ibu, alamat rumah)
2. Nama anggota tubuh
3. Ciri-ciri anggota tubuh(warna, bentuk jumlah)
4. Kesukaanku(makanan, permainan, warna, kegiatan)
5. Alat indra dan fungsinya
6. Macam-macam rasa(pahit, manis, asin, asam, sepat/sepet, pedas)
7. Macam-macam perabaan(kasar, halus, tajam, panas, dingin)
8. Macam-macam pembauan(wangi, amis/anyir, busuk, sedap)
9. Macam-macam suara(keras, lembut, nyaring, melengking, mendengung, menggema)
10. Macam-macam penglihatan(jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar)

LINGKUNGANKU( 4 pekan)
1. Anggota keluargaku
2. Kebiasaan-kebiasaan dalam keluarga(sehari-hari, sewaktu-waktu)
3. Tugas anggota keluarga
4. Tata tertib dalam keluarga
5. Binatang peliharaanku
6. Guna rumah(berteduh, beristirahat, berkumpul keluarga)
7. Macam rumah:
Berdasarkan bahan pembuatannya: rumah kayu, rumah ijuk, rumah bambu, rumah bata.
Berdasarkan kegunaannya:rumah tinggal, kantor, istana, tempat ibadah, tempat berobat, tempat binatang(kandang, sarang), tempat jual beli(toko, depot, warung, rumah makan, kios, supermarket)
8. Bagian-bagian dalam rumah(pintu, jendela, atap, garasi, ruang tamu/makan/tidur, kamar mandi)
9. Perkakas rumah
10. Lingkungan rumah(kebun, halaman, kolam, tetangga)
11. Guna sekolah dan tata tertib di sekolah
12. Alat sekolah, bagian-bagian sekolah dan kegunaannya
13. Lingkungan sekolah

KEBUTUHANKU( 4 pekan)
1. Macam, kegunaan makanan dan minuman
2. Asal, persyaratan makanan/minuman sehat
3. Alat, tata tertib makan/minum
4. Macam, kegunaan pakaian
5. Beda pakaian muslim dan pakaian muslimah
6. Tata tertib berpakaian
7. Cara menjaga kesehatan dan kebersihan
8. Akibat tidak menjaga kebersihan dan kesehatan
9. Cara mencegah bahaya benda/obat(korek api, pisau, paku, pecahan kaca, listrik)

BINATANG( 3 pekan)
1. Macam binatang:
a. Binatang kesayangan
b. Binatang ternak
c. Binatang liar
d. Serangga
e. Burung
f. Ikan
2. Makanan binatang
3. Tempat tinggal binatang
4. Cara berkembang biak binatang
5. Kegunaan dan bahaya binatang
6. Ciri-ciri binatang

TANAMAN( 3 pekan)
1. Macam tanaman
a. Pohon(cemara, pisang, beringin, kelapa)
b. Perdu/semak(cabe, tomat, terong)
c. Rumput(alang-alang, pandan, serai, dll)
2. Guna tanaman
a. Dimakan(buah, sayur, biji, air tebu, umbi)
b. Hiasan(bunga, tanaman hias)
c. Obat( jahe, temulawak,dll)
d. Bangunan
3. Cara memelihara tanaman(disiram, dipupuk, dipangkas, dibersihkan)

SEMESTER II

BEPERGIAN(4 pekan)
a. Macam-macam kendaraan(darat, laut, udara)
b. Guna kendaraan
c. Nama pengemudi dan tempat pemberhentiannya
d. Bagian-bagian kendaraan
e. Arti dan tata tertib bepergian
f. Perlengkapan bepergian

PEKERJAAN(3 pekan)
a. Macam pekerjaan dan tugasnya
b. Tempat bekerja
c. Alat/perlengkapan kerja

AIR, UDARA, API(2 pekan)
a. Macam air
b. Guna dan bahaya air, udara, api
c. Asal dan sifat air, udara, api
d. Arang, bara, asap, abu

ALAT KOMUNIKASI(2 pekan)
a. Macam dan cara menggunakan alat komunikasi
b. Dampak baik dan buruk alat komunikasi
c. Bentuk alat komunikasi
d. Macam-macam benda pos

TANAH AIRKU(3 pekan)
a. Nama Negara dan ibu kota negara
b. Presiden dan wakil presiden
c. Pulau-pulau/kota-kota besar di Indonesia
d. Agama-agama dan suku-suku di Indonesia
e. Pencaharian dan tata cara kehidupan kota, desa, pesisir
f. Mengenal tempat tinggal anak

ALAM SEMESTA(3 pekan)
a. Allah pencipta alam semesta
b. Allah pencipta gejala alam
c. Guna matahari, bulan, bintang dan langit
d. Macam-macam gejala alam(siang, malam, banjir, gunung meletus, gempa bumi,tanah longsor, angin puyuh, petir, ombak, pelangi)
e. Menjaga dan memelihara lingkungan/alam semesta
f. Kapan dapat dilihat(bulan di malam hari, pelangi setelah hujan, matahari di siang hari)
Catatan : untuk usia Play Group tanpa tema tanah airku

AQIDAH
=======================================================
Tujuan: Anak faham/mempunyai keyakinan yang mantap dalam memeluk agama Islam.

Membiasakan mengucap kalimat thayyibah
1. Bacaan syahadat
ااشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمدا عبده و رسوله
Artinya: “aku bersaksi tiada sesembahan yang haq(benar) disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi MuhammadShalallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah hamba Allah dan utusan Allah” .

2. Bacaan basmalah
بسم الله الرحمن الرحيم
3. Bacaan taawudz
ااعوذ بالله من الشيطان الرجيم
4. Bacaan tasbih, tahmid, takbir
سبحان الله الحمد لله الله اكبر
5. Bacaan istiqfar
ااستغفر الله
6. Bacaan ketika berjanji dan ketika kagum/heran
اان شاء الله ما شاء الله
7. Bacaan istirja’
اانا لله و انااليه راجعون
8. Bacaan tahlil
لا اله الا الله

Mengenal Allah
• Allah Maha Esa
Tidak beranak, tidak beristri, pencipta dan pemilik segala sesuatu, pemberi rizki, yang menghidupkan dan yang mematikan.
• Tiada yang haq diibadahi selain Allah.
Berdo’a, berkurban, nadzar, takut dan berharap hanya kepada Allah.
• Allah tidak sama dan tidak serupa dengan ciptaanNya, mempunyai nama-nama dan sifat-sifat yang baik.
1. Ar-Rahmaan artinya Maha Pengasih
2. Ar-Rahiim artinya Maha Penyayang
3. Al ‘aliim artinya Maha Tahu
4. As-Sami’ artinya Maha Mendengar
5. Al Ghoniy artinya Maha Kaya
Nama Allah ada banyak dan tidak ada yang tahu jumlahnya kecuali Allah sendiri. Nama Allah selalu sesuai dengan sifatNya.
• Diantara Sifat-sifat Allah:
1. Ar-Rahman bersemayam diatas Arsy(Q.S.Thaha :5)
2. Dan kekallah Wajah Robbmu(Ar-Rahman:7)
3. Diantara para rasul ada yang Allah berbicara langsung dengannya(Al baqarah :253)
4. Bahkan kedua tangan Allah terbentang(Al Maidah 64)
5. Dan datanglah Robbmu(Al Fajr:22)

Mengenal Malaikat
• Sifat malaikat
1. Malaikat diciptakan dari cahaya , tidak berhenti bertasbih dan selalu taat kepada Allah
2. Malaikat memiliki tubuh yang sangat besar , mampu mengeluarkan suara sangat keras , sangat kuat dan memiliki akal yang cerdas .
3. Malaikat memiliki sayap yang berbeda-beda,ada yang memiliki 2, 3, 4 bahkan malaikat Jibril memiliki 600 sayap .
4. Malaikat bisa berubah wujud dalam bentuk manusia , selalu berbaris rapi dihadapan Allah .
5. Malaikat diserahi Allah urusan manusia dari penciptaan, penjagaan, celaka bahagia, pembawa ruh ketika mati, mengurus adzab dan nikmat, meneguhkan hati orang beriman dan membelanya, mendoakan dan memintakan ampun, mengingatkan ketika lupa dan menenangkan ketika panik, turun dengan perintah dari sisiNya di seluruh penjuru alam, dan naik kepadaNya dengan perintah membawa urusan.(kitab Ighatsatul lahfan:Ibnu Qoyyim)
• Nama dan tugas malaikat
1. Jibril bertugas menyampaikan wahyu .
2. Mikail bertugas mengatur hujan dan rizqi .
3. Muaqqabat bertugas menjaga manusia .
4. Kiraman Katibin bertugas mencatat amal baik/ buruk manusia .
5. Ridwan menjaga pintu surga .
6. Zabaniyah bertugas menjaga pintu neraka , Malik bertugas memimpin malaikat Zabaniyah menjaga pintu neraka .
7. Ada yang bertugas memikul arsy, menghadiri majlis dzikir membentangkan sayap kepada yang hadir .
8. Ada yang terus menerus bertasbih,berdiri, ruku, sujud tanpa pernah bangkit .
9. Malaikat maut bertugas mencabut nyawa .
10. Ada malaikat yang kita tidak tahu jumlah dan pekerjaannya, hanya Allah yang tahu .

Mengenal kitab suci AlQur’an
1. AlQur’an adalah perkataan Allah, bukan mahluk, disampaikan kepada nabi Muhammad, membacanya mendapat pahala yang berlipat-lipat
2. Isinya mencangkup semua yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan dunia sampai akhirat, membawa kebahagiaan bagi yang mengamalkannya.
3. Keutamaan Alqur’an:
• Mu’jizat nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang terbesar
• Terjaga kemurniannya, tidak akan ada satu mahlukpun yang mampu membuat semisalnya
4. Cara Allah menurunkan/ menyampaikan AlQur’an kepada nabi Muhammad :
• Lewat mimpi
• Jibril menyusupkan wahyu kedalam jiwa dan hati nabi Muhammad
• Jibril muncul dalam bentuk manusia berbicara langsung menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam
• Jibril muncul dalam bentuk aslinya, berbicara langsung menyampaikan wahyu kepada nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam
• Allah berbicara langsung kepada nabi Muhammad tanpa perantara
• Wahyu datang menyerupai bunyi gemerincing lonceng dan malaikat Jibril tidak terlihat oleh pandangan nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Mengenal nabi dan rasul :
1. Nabi adalah laki-laki mulia pilihan Allah dan tinggi derajatnya disisi Allah, diutus untuk menyampaikan syariat yang dibawa rasul sebelumnya
2. Rasul adalah nabi yang diberi wahyu oleh Allah untuk mengajari/mengembalikan manusia kepada syariat Allah
3. Sifat nabi dan rasul:
• Paling sempurna akalnya, paling suci jiwanya, paling utama penciptaannya
• Jujur dan sabar dalam menunaikan tugas(menerima wahyu, mentaatinya, menyampaikannya, memimpin umat)
4. Wajib atas semua manusia beriman kepada semua rasul . Mengingkari salah satu dari para rasul sama artinya mengingkari semuanya, sama artinya mengingkari Allah.
5. Nabi Muhammad diangkat menjadi rasul untuk menyempurnakan syariat yang dibawa oleh rasul-rasul sebelumnya, menghapus syariat sebelumnya, sehingga agama yang diterima di sisi Allah hanyalah islam.Wajib atas semua manusia beriman kepada nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, tidak beriman kepada apa-apa yang dibawa nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam berarti kafir.

Mengenal hari akhir
1. Hari akhir adalah semua yang terjadi sesudah mati(alam kubur, ba’ts, hasyr,masyar,shuhuf, hisab, mizan, haudh, shirat, syafaat, surga dan neraka).
2. Manusia di alam kubur ditanya oleh malaikat tentang siapa sesembahannya selama didunia, apa agamanya, siapa nabinya. Barang siapa ditetapkan imannya dan benar jawabannya maka diluaskan tempatnya dan diberi sebagian nikmat akhirat . Barang siapa sesat dalam hidupnya maka dia tidak akan bisa menjawab dengan benar,sehingga disiksa dan dijepit di dalam kuburnya sampai datang kiamat bagi orang kafir dan munafik, atau sampai waktu tertentu sesuai dosa-dosanya bagi orang islam.
3. Ba’ts (kebangkitan manusia dari kubur) setelah malaikat Isrofil meniup sangkakala yang kedua.
4. Kemudian semua manusia dikumpulkan (hasyr) di padang mahsyar menunggu keputusan Allah, semua amal diperlihatkan tanpa ada yang bisa disembunyikan, dilakukan Qishash antar manusia, diliputi ketakutan dan kengerian ditempat berdiri mereka dalam keadaan telanjang tidak sempat memperhatikan yang lain karena sangat sibuknya memikirkan nasib dirinya. Mereka mencari orang yang bisa memberi syafaat(pertolongan)
5. Kemudian dibagikan catatan amal dan Allah melaksanakan penghitungan amal(Hisab) dengan memudahkan bagi mu’min serta mempersulit bagi orang kafir dan munafik.
6. Kemudian amal ditimbang(mizan) sesuai dengan niatnya.
7. Allah menyediakan bagi mu’min haudh (telaga yang lebih manis dari madu, lebih putih dari susu, lebih wangi dari kasturi). Orang yang mengerjakan bid’ah terhalang untuk minum.
8. Setiap orang akan melewati Shirath(jembatan) berduri yang membentang di 2 tepi neraka sebagai jalan menuju surga. Yang bertaqwa akan selamat sampai surga, yang lainnya jatuh ke jurang neraka .
9. Surga tempat kembali yang kekal bagi mu’min,luasnya seluas langit dan bumi, bertingkat, segala yang diinginkan terpenuhi, kenikmatan hidup di surga tak terbayangkan sebelumnya, semua dalam keadaan yang menyenangkan. Kenikmatan yang paling puncak adalah ketika melihat Wajah Allah.
10. Neraka tempat kembali yang kekal bagi orang kafir dan munafik.Muslim yang berdosa dengan dosa selain syirik maka jika Allah menghendaki ia diampuni, atau jika Allah menghendaki ia disiksa dulu di neraka sebelum dimasukkan di surga.

Mengenal Qadha dan Qadar
1. Qadha(hukum yang ditentukan Allah untuk mahlukNya)
2. Allah telah menulis takdir tentang segala sesuatu di lauh mahfuzh sebelum menciptakannya, tidak ada yang mengetahuinya selain Allah sendiri.
3. Apapun yang terjadi adalah atas kehendak dan kekuasaan Allah. Manusia dianugerahi kemampuan untuk memilih perbuatan yang baik atau yang buruk sehingga diberi balasan pahala atau siksa.

Catatan : Materi untuk usia Play Group :
Membiasakan mengucap kalimat thoyyibah, mengenal Allah dan malaikat

AKHLAK
=======================================================
Tujuan : Membiasakan anak berperilaku baik sebagaimana yang diperintahkan Allah dan dicontohkan nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wa Sallam

TEMA :AKU
1. Membiasakan berdoa di pagi/sore hari/sayidul istighfar (/HR. Bukhari 7/150)
اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ
Artinya: ya Allah, Engkau adalah Robb ku ,tiada Ilah yang haq disembah selain Engkau.Engkau yang menciptakanku, aku adalah hambaMu, aku akan setia pada janjiku denganmu semampuku, aku berlindung kepadaMu dari kejelekan yang kuperbuat, aku mengakui nikmatMu kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.
2. Membiasakan berdoa setiap selesai pertemuan(HSR.Tirmidzi)
سبحا نك اللهم و بحمد ك اشهد ان لا اله الا انت أستغفرك و اتوب اليك
Artinya: Maha suci Engkau ya Allah dengan memujiMu aku bersaksi tiada Ilah yang haq disembah selain Engkau, aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu.
3. Membiasakan berdoa saat akan tidur (HR.Bukhari 11/13)
بسمك اللهم اموت و احيا
4. Membiasakan berdoa saat bangun tidur (HR.Muslim 4/2083)
الحمد لله الذي احيانا بعد ما اماتنا واليه النشور
5. Membiasakan berdoa saat bersin/mendengar orang bersin
الحمد لله يرحمك الله يهد يكم الله و يصلح بالكمHR. Bukhari 7/125
6. Membiasakan berdoa saat keluar rumah(HR. Abu Dawud 4/325)
بسم الله توكلت على الله لاحول ولا قؤة الا بالله
7. Membiasakan berdoa saat masuk masjid( HR. Muslim 1/126)
اعوذ بالله العظيم وبوجهه الكريم وسلطانه القد يم من الشيطان الرجيم بسم الله وصلاه و سلام على رسول الله اللهم افتحلى ابواب رحمتك
8. Membiasakan doa berlindung dari rasa malas dan berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat(HR.Muslim 3/2088)
اللهم اني اعوذبك من العجز والكسل والجبني والبخلي والهرم وعذاب القبر اللهم ات نفسي تقواها وزكها انت خير من زكاها وانت وليها ومولاها اللهم اني اعوذ بك من علم لا ينفع ومن قلب لايخشع و من نفس لا تشبع ومن دعوة لايستجاب لها
9. Akhlak terhadap diri sendiri dalam belajar.
a. Akhlak terpuji, misalnya: ikhlas dalam belajar, cinta ilmu, giat belajar, mengamalkan ilmu.
b. Akhlak tercela, misalnya:ujub, takabur, hasad, suka pamer.
10. Menghindari akhlak tercela dari panca indra :
c. Mata : mengintip, nonton film jorok, melihat aurat orang lain
d. Telinga: mencuri dengar
e. Hidung: mencium yang dilarang
f. Lisan: memaki, mencela, mencibir, bohong\ dusta,ingkar janji sumpah palsu, berkata kasar.

TEMA :KEBUTUHANKU
2. Akhlak kepada orangtua
a. Akhlak terpuji: berkata lembut, bersegera memenuhi panggilan, berusaha menyenangkan, mendoakan.
b. Akhlak tercela : memaki, membentak, bermuka masam, membuat sedih, menjambak, memukul, menendang, mendahului orang tua dalam berjalan, ketika duduk dan mengambil makanan.
c. Doa untuk kedua orangtua
3. Akhlak murid kepada guru.
a. Akhlak terpuji ,misalnya:memperhatikan pelajaran yang di sampaikan guru,menghormati guru.
b. Akhlak tercela, misalnya:mencela,memukul guru,menendang, cemberut dan membentak guru.
4. Akhlak terhadap teman.
a. Akhlak terpuji,misalnya: menolong, bermuka manis, menutupi aibnya.
b. Akhlak tercela,misalnya:menyakiti teman, mau menang sendiri, membeda-bedakan teman, suka minta-minta, mengolok-olok.
5. Doa mendapat musibah(HR.Muslim)
إنا لله وإنا إليه راجعؤن. اللهمﺃجرنىفىمصيبتى وﺃخلف لىخيرامنها

6. Akhlak makan
a. Bila lupa membaca doa diawal makan, (HSR. Ibnu Hibban)
بسم الله في اوله واخره
b. Berdoa ketika akan makan(HSR. Ibnu Hibban)
بسم الله
c. Berdoa setelah makan(HSR. Tirmidzi 3/159)
الحمد لله الذي اطعمني هاذا ورزقنيه من غير حول مني ولاقوة
d. Doa tamu kepada yang menghidangkan makanan(HR.Muslim )
اللهم بارك لهم فيما رزقتهم واغفر لهم وارحمهم

7. Doa apabila salah satu anggota tubuh sakit(HR. Muslim)

اعوذ بالله و قد رته من شر ما اجد وﺃحاذ ر
8. Akhlak berpakaian:
a. Doa melepas pakaian(HR.Tirmidzi) بسم الله
b. Berdoa saat memakai pakaian(HR. Abu Dawud)
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ
9. Akhlak ke kamar mandi:
a. Berdoa masuk WC (HR. Bukhari) اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
b. Berdoa setelah keluar dari WC ( Hisnul muslim) غُفْرَانَكَ
10. Doa menjenguk orang sakit(HR.Bukhari)
لابأ س طهورإن شاء الله

TEMA : BINATANG
Akhlak terhadap binatang
a. Menyayangi dan merawat binatang
b. Tidak menyakiti/menganiaya binatang (misalnya: mengadu binatang, membebani binatang diluar kesanggupannya)
c. Adab ketika menyembelih binatang, antara lain: Menajamkan pisau, menyenangkan binatang, menyembelih pada tempatnya.
d. Berdoa apabila melihat binatang tergelincir atau segala sesuatu yang terjatuh.(HR. Abu Dawud 4/296)
بسم ا لله
e. Berdoa ketika menyembelih binatang/korban (HR. Muslim)
بسم الله و ا لله اكبر ا للهم منك و لك ا للهم تقبل مني
f. Meminta anugrah(fadhillah) dari Allah ketika mendengar ayam berkokok. Sesungguhnya ayam tersebut melihat malaikat.(HR. Bukhari)
اللهم اني اسا لك من فضلك العظيم

g. Bila mendengar anjing menggonggong meminta perlindungan kepada Allah (HR Abu dawud 4/327,Ahmad 3/306)
اءوذ بالله من الشيطا ن الر جيم

TEMA: TANAMAN
a. merawat tanaman dengan baik
b. Doa melihat permulaan buah (HR. Muslim)
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ ثَمَرِنَا، بَارِكْ لَنَا فِيْ مَدِيْنَتِنَا، بَارِكْ لَنَا فِيْ صَاعِنَا، بَارِكْ لَنَا فِيْ مُدِّنَا

TEMA: BEPERGIAN
a. Adab naik kendaraan dan doa naik kendaraan HSR. Tirmdzi 3/156
بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ.
b. Adab bepergian, antara lain: bersama mahram, memilih tempat kunjungan yang baik, bertakbir ketika di tempat tinggi dan bertasbih ketika menurun .
c. Doa ketika singgah di tempat baru(asing)(HR. Muslim)
اعوذ بكلمات ا لله التامات من شرما خلق
d. Doa pulang dari bepergian (HR. Bukhari)
لا اله الا الله وحده لاشريك له له ملك و له حمد و هوعلى كل شيء قد ير ايبون تا ئبون عابدون لربنا حامدون صد ق الله وعده ونصر عبده وهز م الأ حزاب وحده
e. Doa keluarga yang ditinggalkan untuk orang yang bepergian.(HR. Ahmad)
استودع ا لله د ينك, وا ما نتك وا خر عملك
f. Doa orang yang bepergian(musafir) untuk keluarga yang ditinggalkan.(HR. Ahmad)
ااستو د عكم ا لله الذ ى لاتضيع و د ا ئعه

TEMA: PEKERJAAN
g. Akhlak dan adab seorang pekerja(rajin, tekun, amanah, tidak berdusta/curang, selalu berdoa dan yakin bahwa rezeki dari Allah)
h. memilih pekerjaan yang halal dan thoyib

TEMA: AIR, UDARA, API
a. Doa minta hujan. (HR. Bukhari) اللهم اغثنا
b. Doa apabila hujan turun. ( HR. Bukhari ) اللهم صيبانافعا
c. Doa setelah hujan. ( HR. Bukhari )
مطر نابفضل الله ورحمته
d. Doa agar hujan berhenti. ( HR. Bukhari )
اللهم حواليناولاعلينااللهم علي الا كا م والظراب وبطون الاود ية ومنابت الشجر
e. Akhlak terhadap api:
Tidak menyembah api seperti orang majusi
Berhati-hati dengan api/listrik karena bisa terbakar/tersetrum, tidak boros menggunakan listrik, tidak membiarkan kompor menyala saat tidur.

TEMA : ALAT KOMUNIKASI
a. Adab berdo’a
b. Adab berbicara dalam telpon
c. Adab berkirim surat
d. Yang boleh dan yang tidak boleh ditonton/didengar dari media TV, radio, majalah, film

TEMA: TANAH AIRKU
• Akhlak terhadap pemimpin muslim
a. Mendengar dan taat
b. Tidak boleh melawan
c. Menasehati pemimpin
d. Tidak boleh membicarakan kejelekan pemimpin kepada orang banyak
• Berdoa untuk kebaikan pemimpin muslim.
• Doa masuk desa. ( HHR. Nasai)
اللهم رب السموات السبع وما أظللن ورب الأرضين السبع وماأقللن ورب الشياطين وماأضللن ورب الرياح وماذ رين أسالك خيرهذه القرية وخيرأهلها وخيرما فيهاوأعوذ بك من شرها وشراهلها و شرما فيها

TEMA: ALAM SEMESTA
• Akhlak terhadap matahari, bulan, bintang,bumi dan langit.
a. Akhlak terpuji, antara lain: bersyukur, memelihara, bersyukur, memelihara, memanfaatkannya
b. Akhlak tercela, antara lain: berbuat syirik,meminta sesuatu ketika bintang jatuh.

• Doa apabila ada angin rebut.( HR. Bukhari )
اللهم انى اسالك خيرها وخير مافيها و خير ما ارسلت به واعوذ بك من شرها وشر ما فيها وشر ما ارسلت به

• Doa ketika ada halilintar.( Al Muwata’ 2/299 )
سبحان الذى يسبح الرعد بحمده و الملا ئكة من خيفته

Catatan : Materi yang tidak diajarkan anak usia Play Group :
Doa masuk masjid, doa menyembelih binatang, doa melihat permulaan buah, doa keluarga kepada musafir, doa musafir kepada keluarga yang ditinggalkan, doa minta hujan, doa agar hujan berhenti, akhlak terhadap pemimpin muslim, doa masuk desa.

FIQIH/IBADAH
========================================================Tujuan: Mengenalkan kepada anak cara/bentuk ibadah sebagaimana yang dicontohkan nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam

Mengenal wudhu
• Wudhu adalah membersihkan anggota wudhu dengan air suci dan mensucikan, secara berurutan, disertai niat.
• Air yang bisa untuk wudhu adalah air yang suci dan mensucikan seperti : air sumur, air laut, air salju, air dari mata air, air hujan.
• Cara wudhu:
a. Niat dalam hati kemudian mengucap bismillah
b. Membasuh kedua telapak tangan 3x
c. berkumur, kemudian memasukkan air ke hidung,kemudian mengeluarkannya.
d. Membasuh muka 3x
e. Membasuh tangan kanan dari ujung jari s/d siku 3x kemudian tangan kiri dari ujung jari s/d siku 3x.
f. Mengusap kepala 1x dari depan ke belakang kemudian menjalankannya ke telinga, kemudian kembali ke depan.
g. Mencuci kaki kanan 3x s/d mata kaki dan menggosok sela jari kaki dengan jari kelingking, kaki kiri 3x dengan cara yang sama.
h. Berdo’a selesai wudhu:
اشهد ان لا اله الالله وحده لا شريك له و اشهد ان محمداعبده ورسوله
• Yang membatalkan wudhu:
a. Kentut, kencing, berak, keluar madzi/wadzi, junub
b. Makan daging unta
c. Tidur, hilang ingatan
d. Murtad

Mengenal tayamum
• Tayamum adalah menyampaikan debu ke anggota tayamum secara berurutan disertai niat
• Caranya: niat dalam hati, mengusap debu di telapak tangan, mengibaskannya kemudian disapukan ke wajah dan kedua tangan
• Syarat tayamum :
tidak ada air, sakit yang tidak diperkenankan kena air/dikawatirkan memadharatkan jika kena air
• Yang membatalkan tayamum : semua yang membatalkan wudhu, ada air/ tidak ada yang dikawatirkan memadharatkan jika kena air

Najis adalah: ukuran tertentu yang menghalangi shalat
• Macam-macam najis:
a. Ainiyah( terlihat ) seperti anjing, babi, bangkai, darah mengalir, kencing, kotoran binatang yang haram dimakan, madzi, potongan hewan hidup
b. hukmiyah( barang suci kena najis )

Mengenal shalat
• Shalat adalah ibadah tertentu yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam disertai niat
• Syarat (hal-hal yang harus ada/dikerjakan sebelum) shalat :
a. Muslim
b. Berakal, baligh
c. Suci badan, pakaian, tempat
d. Menutup aurat
e. Telah masuk waktu shalat
f. Menghadap kiblat
g. Niat dalam hati
• Rukun (hal-hal yang harus dikerjakan saat) shalat (kitab hisnul muslim Sa’id bin ‘ali)
a. Berdiri jika mampu
b. Membaca takbiratul ihram الله اكبر
c. Membaca surat al-Fatikhah setiap roka’ at.
d. Ruku ‘ membaca :
سبحان ربي العظيم
e. Bangkit dari ruku’ berdiri lurus (I’tidal) membaca :
سمع الله لمن حمده ربنا و لك الحمد حمدا كثيرا طيبا مبا ركا فيه
f. Sujud membaca : سبحان ربي الا على Bangkit dari sujud.
g. Duduk antara dua sujud رب اغفرلي رب اغفرلي
h. Thuma’ninah (tenang sejenak)
i. Tasyahud awal
اتحيات لله والصلوات و الطيبا ت السلام عليك ايها النبي ورحمت الله و بركاته السلام علينا وعلى عبادالله الصالحين اشهدان لا اله الاالله واشهد ان محمدا عبده ورسوله
j. Tasyahud akhir
اللهم صلى على محمد وعلىال محمد كما صليت على ابراهم وعلى ال ابراهم انك حميد مجيد وبارك على محمد وعلى ال محمد كما باركت على ابراهم وعلى ال ابراهم انك حميد مجيد
k. Salam membaca : السلام عليكم ورحمت الله و بركاته
l. Tertib

• Yang membatalkan shalat
a. Makan minum dengan sengaja
b. Berbicara sesuatu yang tidak berhubungan dengan shalat dengan sengaja
c. Meninggalkan rukun atau syarat shalat baik sengaja maupun lupa
d. Tertawa dengan mengeluarkan suara.
e. Tidak menjaga tertib waktu shalat,seperti orang shalat’Ashar sebelum Zhuhur.
f. Seluruh tubuh berpaling dari kiblat, kecuali shalat di kendaraan.
g. Keluar kentut ,demikian juga halnya seluruh yang mewajibkan wudhu”dan mandi dapat membatalkan shalat.
h. Melakukan gerakan dan berturut- turut tanpa ada sebab yang mengharuskan (darurat)
i. Mendahului imam dengan sengaja.

• Waktu dan jumlah rakaat shalat wajib:
a. Subuh 2 rakaat di pagi hari(terbit fajar s/d sebelum terbit matahari)
b. Zhuhur 4 rakaat di siang hari(gelincir matahari s/d bayang-bayang sepanjang badannya)
c. ‘Ashar 4 rakaat di sore hari(bayang-bayang sedikit lebih panjang s/d matahari belum sangat kuning)
d. Maghrib 3 rakaat di malam hari (sesaat setelah terbenam matahari s/d belum hilang tanda merah di langit sebelah barat)
e. ‘Isya 4 rakaat di malam hari (hilang tanda merah di langit s/d tengah malam)
• Dzikir setelah shalat (kitab hisnul muslim)
استغفر الله 3
اللهم انت السلام ومنك السلام تباركت ياذاالجلا ل والاكرام
لااله الاالله وحده لاشريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قد ير اللهملاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ. لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ
سبحان الله 33
الحمد لله 33
الله اكبر33
Khusus setelah shalat subuh dan maghrib ditambah surat An-Nas, Al Falaq, Al Iklas masing-masing 3x dan ayat kursi 1x

Mengenal zakat (kitab bulughul maram)
• Zakat adalah harta dari jumlah tertentu yang diambil dari orang kaya diberikan kepada faqir miskin.
• Zakat fitrah diberikan sebelum shalat ‘idhul fitri berupa 1 sha’(± 2,5 kg) bahan makanan pokok(beras kurma dan sejenisnya)
• Zakat mal (harta kekayaan tertentu) diberikan setiap tahun jika telah mencapai ukuran wajib zakat( nisab).

Mengenal puasa
• Puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, dari terbit fajar sampai terbenam matahari) disertai niat.
• Yang membatalkan puasa:
a. Sengaja makan, minum, muntah
b. Sengaja keluar mani/jima’
c. Gila, murtad

Mengenal haji
• Waktu haji / bulan-bulan haji adalah mulai Syawal, Dzulqo’dah, Dzulhijah.
• Rukun haji:
a. Ihram(niat memasuki ibadah haji)
b. Wukuf di Arafah
c. Thawaf Ifadhah
d. Sa’i antara Shafa dan Marwah
• Wajib haji:
a. Ihram dari Miqat
b. Meneruskan Wukuf di Arafah sampai terbenam matahari
c. Mabit di Muzdalifah pada malam hari Nahar
d. Melontar jamrah Aqabah pada hari nahar,dan ketiga jamrah pada hari-hari Tasyriq
e. Mencukur atau memendekkan rambut bagi laki-laki,sedangkan Wanita cukup dengan menggunting
f. Mabit di Mina malam kesebelas dan kedua belas Zulhijjah bagi yang ingin segera berangkat ,sedangkan yang ingin terlambat menyempurnakan dengan malam ketiga belas.
g. Thawaf Wada’
• Orang yang meninggalkan rukun hajinya batal, orang yang meninggalkan wajib haji maka hajinya sah namun ia mesti menyembelih seekor kambing yang di bagikan kepada fakir miskin di Tanah Haram(Mekah)

Catatan : materi untuk usia Play Group :
Mengenal wudhu, najis, tayamum dan shalat.

TARIKH
========================================================
Tujuan : Anak mengenal nabi khususnya nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan mengidolakannya

( kitab sirah nabawiyah : syaikh Syafiyyur Rahman Al Mubarakfury)

Kelahiran
• Lahir di Mekah pada tahun Gajah dalam keadaan yatim
• Bapaknya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib, ibunya bernama Aminah
• Bersama ibu susuannya(Halimah) dan peristiwa pembelahan dada
• Kematian ibu dan kakeknya

Dibawah asuhan Abu Thalib
• Umur 12 thn diajak berdagang ke Syam dan bertemu Bahira di Bushra
• Bekerja menggembala kambing milik penduduk Mekah
• Bekerja menjual barang dagangan milik khadijah bersama Maisarah
• Menikah dengan Khadijah

Daya tarik kepribadian sebelum nubuwah
• Pemberian gelar Al Amin, penghormatan penduduk Mekah saat renovasi Ka’bah
• Pemeliharaan Allah dari menyembah berhala, mendengar musik, minum khamr, makan sesaji berhala dan dari segala kejelekan.
• Menyendiri di gua Hira’

Diangkat menjadi utusan Allah
• Jibril turun membawa wahyu
• Berdakwah sembunyi-sembunyi selama 3 tahun
• Berdakwah terang-terangan di Mekah dan pemboikotan menyeluruh
• Tahun duka, dakwah di luar penduduk Mekah
• Isra’ mi’raj, baiat aqabah dan para sahabat hijrah ke Madinah
• Hijrah didampingi Abu Bakar menuju Madinah

Kehidupan di Madinah
• Goncangan, cobaan dari dalam dan luar Madinah
• Perang Badr, uhud dan perang Khandaq
• Perjanjian hudaibiyah, pengiriman surat kepada para raja

Penaklukan Mekah
• Pasukan Islam masuk Mekah dan membersihkan ka’bah dari berhala
• Perang tabuk dan kembali ke Madinah

Wafat
• Permulaan sakit
• Para sahabat dirundung kesedihan
• Menangani dan mengubur jasad rasulullah

Materi untuk usia Play Group:
Tema AKU : Kesabaran nabi Ya’kub menghadapi putranya, kehilangan anak dan tertimpa buta matanya.
Tema LINGKUNGANKU : Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya.
Tema KEBUTUHANKU : Allah menurunkan makanan di sisi Maryam.
Tema BINATANG : Nabi Sulaiman berbicara dengan binatang.
Tema TANAMAN : Kelahiran nabi Isa di bawah pohon kurma.
Tema BEPERGIAN : Nabi Musa pergi mencari ilmu
Tema PEKERJAAN : Nabi Muhammad pedagang yang jujur.
Tema AIR, UDARA, API : Nabi Ibrohim dibakar api
Tema ALAT KOMUNIKASI : Kesungguhan nabi Zakariya berdoa minta anak
Tema ALAM SEMESTA : Kaum nabi Nuh disiksa dengan banjir

SOSIAL, EMOSIONAL, KEMANDIRIAN
========================================================
1. Memiliki sopan santun:
• Tidak mengganggu teman yang sedang melakukan kegiatan
• Berbicara ramah dengan suara teratur(tidak berteriak)
• Meminta dengan baik(cara minta tolong/ijin, salam)
• Berterima kasih jika mendapat kebaikan(mengucap جزاكم الله خيرا )

2. Mulai tumbuh disiplin diri
• Mengikuti aturan permainan
• Melaksanakan tata tertib di sekolah
• Ke sekolah tepat waktu

3. Bersikap saling menghormati
• Berlapang dada memaafkan kesalahan orang lain
• Mendengarkan dengan baik ketika orang lain bicara
• Tidak mudah marah/membentak-bentak
• Segera minta maaf ketika salah

4. Sikap kerjasama
• Mudah bergaul
• Suka menolong/membantu
• Saling membantu/menghargai orang lain
• Senang bermain dengan teman
• Dapat melaksanakan tugas kelompok
• Mau mengemukakan gagasannya
• Mampu mengambil keputusan sederhana

5. Mulai tumbuh kepedulian
• Mau membagi miliknya dengan orang lain
• Mengajak teman untuk bermain dan belajar
• Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati

6. Dapat menjaga kebersihan diri & mengurus dirinya sendiri
• Membersihkan diri sendiri dengan sedikit/tanpa bantuan
• Memelihara milik sendiri
• Mengurus dirinya tanpa/sedikit bantuan
• Mengenal dan menghindari ha-hal berbahaya(obat-obatan, penculik, hewan, api, benda dll)

7. Terbiasa menjaga lingkungan
• Memelihara lingkungan(tidak corat-coret tembok, menempatkan barang sesuai tempatnya, tidak membuat kegaduhan)
• Membantu membersihkan/merapikan lingkungan
• Menghemat pemakaian air dan listrik

8. Mulai tumbuh rasa tanggung jawab
• Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai
• Membersihkan peralatan makan/membereskan mainan setelah digunakan
• Melaksanakan tugas yang diberikan
• Mengetahui barang milik sendiri dan milik orang lain

9. Percaya diri
• Menunjukkan rasa senang pada hasil kerjanya
• Mampu mengerjakan tugas sendiri

10. Pengendalian emosi, tindakan dan perasaan
• Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
• Sabar menunggu giliran
• Berhenti bermain pada waktunya
• Mudah dibujuk
• Tidak cengeng
11. Mengenal dan menyayangi ciptaan Allah
• Membedakan ciptaan Allah dengan ciptaan manusia
• Berusaha berbuat baik terhadap semua ciptaan Allah
• Mempunyai sahabat

12. Mampu membedakan perbuatan yang salah dan yang benar
• Menyebutkan mana yang salah dan yang benar pada suatu persoalan
• Menunjukkan perbuatan yang benar dan salah

BERBAHASA
========================================================

1. Dapat mendengarkan, membedakan dan mengucapkan bunyi suara dengan lafal yang benar
• Menyebut berbagai bunyi suara tertentu
• Menirukan kembali 2-4 urutan kata(contoh:merah, kuning,hijau…merah,kuning,hijau…)
• Menyebutkan kata-kata yang mempunyai suku kata awal/akhir sama

2. Dapat mendengarkan dan memahami kata dan kalimat sederhana
• Melakukan 1-3 perintah sederhana
• Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali secara sederhana

3. Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan lafal yang benar
• Menyebutkan nama diri dan orang tua ,alamat dan jenis kelamin.
• Menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
• Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana

4. Memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari
• Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya
• Menunjukkkan gerakan-gerakan(duduk,makan,sedih,menangis dll)
• Menyebutkan posisi, keterangan tempat/waktu

5. Dapat mengenal bentuk-bentuk symbol(pra menulis)
• Membuat berbagai macam coretan
• Menceritakan gambar dan coretan(tulisan) yang dibuatnya

6. Dapat menceritakan gambar(pra membaca)
a. Menceritakan gambar yang disediakan/dibuat sendiri
b. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri(2-5 gambar)
c. Menghubungkan benda/gambar dengan kata

7. Mengenal bahwa ada hubungan antara bahasa lisan dengan tulisan(pra membaca)
• Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
• Menceritakan isi buku walau tidak sama tulisan dengan yang diungkapkan
• Menghubungkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya

KOGNITIF
========================================================
1. Dapat mengenali benda di sekitarnya
• Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak.Misalnya : menurut warna, ukuran, jenis dll.
• Menunjukkan sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman,yang mempunyai ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu.
• Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak-sedikit, sama-tidak sama.
• Mencari lokasi asal suara.
• Memasang benda sesuai dengan pasangannya.
• Menyebutkan dan menceritakan perbedaan 2 buah benda(melatih ketelitian)
• Menunjukkan kejanggalan suatu gambar(melatih berfikir kritis)
• Menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya.

2. Dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana
• Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika : warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan), balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan kedalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda yang dijatuhkan, percobaan dengan magnet, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan berbagai macam rasa, bau, dan suara.
• Mengungkapkan sebab-akibat, asal muasal/terjadinya sesuatu.

3. Dapat mengenal bilangan
• Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 10, 11 sampai 20
• Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 5 atau sampai 10
• Menunjuk urutan benda untuk bilangan sampai 5 atau sampai 10
• Menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 atau sampai 10
• Menunjuk, membedakan, membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
• Menyebut kembali benda-benda yang dilihatnya.

4. Dapat mengenal bentuk geometri
• Menyebut menunjukkan, membuat bentuk-bentuk geometri
• Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri(lingkaran, segitiga, segi empat), benda-benda tiga dimensi yang berbentuk geometri.
• Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama
• Mengerjakan “maze” (mencari jejak) yang sederhana
• Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh(4-8 keping)

5. Dapat mengenal ukuran
• Mengukur panjang dengan langkah, penggaris, meteran dan jengkal
• Menimbang benda dengan timbangan buatan/sebenarnya.
• Mengisi menyebutkan isi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll.
• Dapat mengenal konsep-konsep waktu
• Menyatakan dan membedakan waktu(pagi,siang, malam) dan jam
• Mengetahui jumlah dan nama-nama hari dalam satu pekan, bulan,dan tahun.

6. Dapat mengenal konsep-konsep matematika sederhana
• Menyebutkan hasil penambahan(menggabungkan 2 kumpulan berbeda) dan pengurangan(memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 5
• Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misal : merah,putih,merah,putih,merah,…

FISIK MOTORIK
========================================================
1. Dapat menggerakkan jari tangan untuk kelenturan otot dan kordinasi
• Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan .Misal makan, mandi,menyisir rambut ,mencuci dan melap tangan ,mengikat tali sepatu.
• Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan pastisin, playdough/tanah liat.
• Menjiplak dan meniru membuat garis legak,datar,miring,lengkung,dan lingkaran.
• Meniru melipat kertas sederhana(1-6 lipatan)
• Menjahit jelujur 10 lubang dengan tali sepatu.
• Mengunting bebas,berdasarkan pola(lengkung,zigzag,segi empatdll)
• Merobek bebas
• Mencocok bentuk
• Menyusun menara dari kubus minimal 8 kubus
• Membuat lingkaran dan segi empat
• Memegang pensil.

2. Dapat mengerakan lengannya untuk kelenturan otot dan koordinasi.
• Menangkap dan melempar bola besar dari jarak kira-kira 1-2 meter
• Memantulkan bola(diam di tempat, memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah).
• Melambungkan dan menangkap kantong biji.

3. Dapat menggerakan badan dan kaki dalam rangka keseimbangan koordinasi.
• Senam dengan berbagai variasi
• Berjalan maju pada garis lurus ,berjalan di atas papan titian ,berjalan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban.
• Berjalan mundur dan kesamping pada garis lurus sejauh 1-2 meter
• Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
• Memanjat, bergantung dan berayun
• Berdiri di atas satu kaki, berdiri dengan tumit
• Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
• Menendang bola dengan terarah
• Merayap dan merangkak lurus ke depan dan dengan berbagai variasi
• Bermain dengan simpai(bebas,melompat dalam simpai,merangkak dalam terowongan dari simpai,digelindingkan sambil berjalan/berlari)
• Gerakan tanaman(sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali)
• Naik sepeda roda dua

SENI
========================================================
1. Dapat mengambar sederhana
• Menggambar bebas dengan berbagai media(kapur, krayon,arang, kunyit)
• Menggambar bebas dari bentuk-bentuk geometri
• Stempel dengan berbagai media(pelepah pisang, batang papaya, karet busa, kuas, daun, bulu ayam, jari/finger painting dll)
2. Dapat mewarnai sederhana
• Mewarnai bentuk gambar sederhana
• Mewarnai gambar dari bentuk-bentuk geometri

3. Dapat mencipta sesuatu dengan berbagai media
• Meronce dengan manik-manik, bagian tanaman, kain perca,bahan bekas
• Mencipta 2 bentuk bangunan dari balok, dari kepingan bentuk geometri
• Membuat mainan dengan tehnik menggunting, melipat dan menempel
• Mencipta bentuk dengan lidi, kertas, daun
• Menganyam dengan kertas, kain perca, daun, sedotan
• Membatik dan jumputan
• Permainan warna dengan berbagai media
• Membuat gambar tehnik kolase dengan media kain perca, ampas kelapa, biji-bijian, batua-batuan, kertas
• Membuat gambar tehnik mozaik dengan bentuk-bentuk geometri

4. Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana
• Mengekspresikan diri dalam gerak kepala, tangan atau kaki, bervariasi
• Mengkomunikasikan gagasan melalui gerak tubuh sederhana
• Menceritakan gerak kedalam bahasa lisan
• Membuat sajak dan mengucapkan sajak dengan ekspresi bervariasi (intonasi, perubahan gerak, penghayatan)

HAFALAN AL-QUR’AN
=======================================================
Tujuan : Menumbuhkan anak cinta kepada perkataan Allah(Alqur’an)

( TAHUN KE-1 ) ( TAHUN KE-II )
Semester I Semester I

1. Al-Fatihah (7 ayat ) 28. Al Ghasyiyah (26 ayat)
2. An-Naas (6 ayat ) 29. Al A’la (19 ayat)
3. Al-Falaq (5 ayat) 30. Ath-Thariq (17 ayat)
4. Al-Ikhlas (4 ayat ) 31. Al Buruj (22 ayat)
5. Al-Lahab (5 ayat ) 32. Al Insyiqaq (25 ayat)
6. An-Nashr (3 ayat ) 33. Al Muthaffifin (36 ayat)
7. Al-Kaafirun (6 ayat ) Semester II
8. Al-Kautsar (3 ayat ) 34. Al Infithar (19 ayat)
9. Al-Ma’uun (7 ayat ) 35. At-Takwir (29 ayat)
10. Al-Quraisy (4 ayat ) 36. ‘Abasa (40 ayat)
11. Al-Fiil (5 ayat ) 37. An-Nazi’aat (46 ayat)
12. Al-Humazah (9 ayat ) 38. An-Naba’ (40 ayat)
13. Al-‘Ashr (3 ayat )
14. Al-Takaatsur (8 ayat )
15. Al-Qaari’ah (11 ayat)
16. Al-‘Aadiyat (11 ayat)
17. Al-Zalzalah (8 ayat )
18. Al-Bayyinah (8 ayat )
19. Al-Qadr (5 ayat )
20. Al-‘Alaq (19 ayat)

Semester II materi untuk PG : An Nas s/d Al Quraisy

21. At-Tiin (8 ayat )
22. Al-Insyirah (8 ayat )
23. Adh-Dhuha (11 ayat)
24. Al-Lail (21 ayat)
25. Asy-Syams (15 ayat)
26. Al-Balad (21 ayat)
27. Al-Fajr (30 ayat)

HAFALAN HADITS
========================================================

Tujuan : Menumbuhkan anak mengutamakan perkataan Allah dan RasulNya

1. Hadits tentang niat
عن ا مير المؤ منين ا بي حفص عمر بن الخطب ر ضي الله عنه قال: سمعت ر سو ل الله صلى الله عليه و سلم يقول: ا نما الا عما ل با لنيا ت و ا نما لكل امرء ما نوى ,فمن كا نت هجر ته ا لى الله و ر سو له فهجر ته الى الله ورسوله ومن كانت هحرته لد نيا يصيبها اوامرات ينكحها فهخرته الى ما هاجر اليه رواه البخاري ومسلم
Artinya : Dari amirul mukminin abu Hafsh Umar bin Khathab radhiyallahu anhu berkata : Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda : “ Sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung kepada niat, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai apa yang diniatkannya, maka barang siapa yang niat hijrahnya kepada Allah dan Rasulnya maka hijrahnya itupun akan diterima oleh Allah dan Rasulnya. Dan barang siapa yang niat hijrahnya untuk dunia yang akan diperolehnya atau wanita-wanita yang akan dinikahinya maka hijrahnya itupun akan sampai kepada apa yang diniatkannya. (Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim).

2. Hadits tentang rukun islam
عن ابى عبدالرحمن عبدالله ابن عمربن الخطاب رضي الله عنهما قال سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول بني الاسلام على خمس شهاد ت ان لااله الاالله و ان محمدالرسول الله واقام الصلاة و ايتاء الزكاة وحاخ البيت و صوم رمضان رواه البخارى و مسلم
Artinya : Dari abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khathab semoga Allah meridhoi keduanya, berkata : Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda : “Islam itu dibangun atas lima perkara : bersaksi tiada illah yang haq disembah selain Allah dan bersaksi Nabi Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke baitullah, dan puasa pada bulan Ramadhan. (Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim).

3. Hadits tentang bid’ah
عن ام المؤمنين ام عبد الله عائشت رضي الله عنها قالت: قال رسول الله صلىالله عليه و السلم: من احد ثا في امرنا هاذا ما ليس منه فهو رد. رواه البخاري و مسلم.
و في روية ل مسلم: من عمل عملا ليس عليه امرنا فهو رد”
Dari Ummul Mu’minin, Ummu ‘Abdilah ‘Aisyah semoga Allah meridhoinya berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” barang siapa membuat hal-hal yang baru dalam urusan kami ini yang sebenarnya bukan darinya maka ia tertolak”,hadits riwayat Bukhori dan Muslim. Adapun dalam riwayat muslim :”barang siapa melaksanakan amalan yang tidak ada perintahnya dari kami maka ia tertolak”

4. Hadits tentang makanan yang halal
عن ابى هريرة رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ان الله تعلى طيب لايقبل الاطيبا، وان الله امرا لمؤمنين بماامربه المرسلين، فقال تعالى : ” ياايهاالرسل كلوا من الطيبات واعملوا صالحا” وقال تعالى : ياايهاالذين امنوا كلوا من طيبات مارزقناكم. ” ثم ذكر الرجل يطيل السفراشعث اغبر يمد يديه الى السماء يا ربي… يا ربي… و مطعمه حرام و مشربه حرام و مالبسه حرام و غدي بالحرام فانى يستجاب له? رواه مسلم
Dari Abi Hurairah semoga Allah meridhainya berkata: Rasulullah Shalallahu Alaihi wa sallam bersabda: sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Dan Allah telah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman serupa dengan apa yang diperintahkan kepada rasul-rasul, maka Allah berfirman: Hai rasul-rasul, makanlah dari apa-apa yang baik dan bekerjalah kamu dengan pekerjaan yang baik. Dan Allah berfirman: Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari apa-apa yang baik yang telah kami rizkikan kepadamu. Kemudian beliau menceritakan seorang laki-laki yang jauh perjalanannya, berambut kusut, penuh dengan debu, dia menengadahkan kedua tangannya ke langit dan berkata:” Wahai Robbku…wahai Robbku… sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan ia dikenyangkan dengan barang-barang yang haram, maka bagaimana ia akan diterima permintaannya?….hadits riwayat Muslim

5. Hadits tentang cinta sesama muslim
عن ابى حمزت انس ابن مالك رضي الله عنه خادم رسول الله صلى الله عليه و سلم عن النى صلى الله عليه و سلم قال: لا يؤمن احدكم حتى يحب لاخيه ما يحب لنفسه. رواه البخري و مسلم
Dari Abu Hamzah Anas bin Malik semoga Allah meridhainya, pembantu rasulullah shalallahu ‘’alaihi wa sallam, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” tidak beriman salah seorang dari kamu sehingga ia mencintai saudaranya sesama muslim sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim
6. Hadits larangan mudah marah
عن ابى هريرة رضي الله عنه ان رجلا قال لنبي صلى الله عليه و سلم” او صني”
قال: لا تغضب فرد د مرارا قال: لا تغضب . روه البخاري و مسلم
Dari Abi Hurairah semoga Allah meridhainya, bahwa seorang laki-laki kerkata kepada nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam: berilah wasiat kepadaku!, sabda nabi:” janganlah engkau mudah marah!, maka diulangi beberapa kali sabdanya: janganlah engkau mudah marah!”. Hadits riwayat Bukhari dan Muslim

7. Hadits tentang bicara baik
عن ابي هريره رصى الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من كان يؤمن با لله
واليوم الاخرفايقل خيرا اوليصمت، ومن كان مؤ من بالله واليوم الاخرفليكرم جاره ومن
كان يؤ من بالله واليوم الاخرفليكرم ضيفه . رواه الخاري ومسلم
Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhoinya bahwa rasulullah Shalallahu`alaihi Wasallam bersabda : “ Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia bicara baik atau diam , dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tetangganya , dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia memuliakan tamunya” . HaditsRiwayat Bukhori dam Muslim

8. Hadits tentang malu
عن ابى مسعود عقبة بن عمر الانصارى البدري رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم :ان ممااد رك الناس من كلم النبوة الاو لى : اذالم تستح فاصنع ماشئت رواه البخارى
Dari Abu Mas’ud ‘Uqbah bin Amr Al Anshari, Al Badri semoga Allah meridhoinya berkata: Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Sesungguhnya dari kata-kata kenabian yang pertama adalah : jika engkau tidak malu maka berbuatlah sekehendakmu !” Hadits Riwayat Bukhori dan Muslim.

9. Hadits tentang taqwa.
عن ابي ذر جندب ابن جناد تة و ابي عبد الرحمن معاذابن جبل رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: اتق الله حيثما كنت واتبع السئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن. رواه الترمذي Dari Abi Dzar Jundub bin Junadah dan Abi Abdirrahman Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam telah berkata, “Takutlah engkau kepada Allah dimana saja berada dan susullah kejahatan itu dengan kebaikan, pasti akan menghapuskannya dan bergaullah sesama manusia dengan ahlak yang baik”.(HR Tirmidzi dan ia telah berkata, “ Itu adalah Hadits Hasan dan dalam sebagian kitab disebutkan Hasan shahih). Berkata Syaukh Salim Al Hilali : shahih dengan syawahid-syawahidnya.

10. Hadits tentang adab muslim kepada muslim yang lain.
عن ابى هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: لا تحا سد وا ولا تنا جشوا ولا تباغضواولاتدابروا ولا يبع بعضكم على بيع بعض وكونوا عباد الله اخوانا المسلم اخ المسلم لا يظلمه ولا يخذ له ولا يكذ به ولا يحقره التقوا ههنا ويشير الا صد ره ثلاث مراة بحسب امرئ من الشر ان يحقر اخاه المسلم كل مسلم على مسلم حرام د مه و ماله وعرضه. رواه مسلم
Dari Abu Hurairah semoga Allah meridhoinya berkata :”Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda ; janganlah kamu saling dengki, saling berjualan dengan cara najsy, saling membenci, saling membelakangi, dan jangan menjual barang diatas penjualan diantara kamu. Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang saling bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslim yang lain, tidak boleh mendholimi, menelantarkan, membohongi, merendahkan. Takwa itu disini. Beliau katakan ini dengan menunjuk ke dadanya tiga kali. Cukuplah seseorang dinilai buruk jika ia merendahkan saudaranya sesama muslim. Setiap muslim atas muslim yang lain haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya”. Hadits Riwayat Muslim

Materi untuk PG :
Hadits tentang niat: ا نما الا عما ل با لنيا ت و ا نما لكل امرء ما نوى dan artinya
Hadits tentang bid’ah: من احد ثا في امرنا هاذا ما ليس منه فهو رد dan artinya
Hadits tentang bicara baik: من كان يؤمن با لله واليوم الاخرفايقل خيرا اوليصمت
Dan artinya
Hadits tentang makanan yang halal:
ان الله تعلى طيب لايقبل الاطيبا dan artinya

MEMBACA HURUF ARAB
========================================================

Tujuan : Mempersiapkan anak mengenal cara membaca Al Qur’an dengan benar dan tartil

Media :- Buku iqro’ jilid 1-6 bagi siswa yang sudah bisa konsentrasi minimal 3 menit
– Huruf-huruf hijaiyah di dinding/kertas/komputer

Cara penyampaian : individual

========================================================

MEMBACA HURUF LATIN
========================================================

Tujuan : Mempersiapkan anak mengenal berbagai ilmu pengetahuan melalui buku-buku atau berbagai bacaan bertuliskan latin

Media : – Buku Anak Islam Suka Membaca jilid 1-5 bagi siswa yang sudah bisa konsentrasi minimal 3 menit

Cara penyampaian : individual

MENULIS HURUF ARAB
========================================================
Tujuan : Mengembangkan motorik halus anak melalui menebalkan huruf hijaiyah kemudian mencontoh kemudian dikte

TAHUN PERTAMA
• Huruf hijaiyah ا-ي
• Huruf hijaiyah berharokat fathah dan kasrah

TAHUN KEDUA
• Huruf hijaiyah berharokat fathah, kasroh, dhomah dan sukun
• Menyambung huruf
• Menulis kalimat-kalimat thoyyibah

========================================================

MENULIS HURUF LATIN
========================================================
Tujuan : Mengembangkan motorik halus anak melalui menebalkan huruf latin kemudian mencontoh kemudian dikte

TAHUN PERTAMA
• Huruf a s/d huruf z
• Dikte kata bervokal a, i, u

TAHUN KEDUA
• Dikte kata bervokal a,i ,u,e,o.
• Dikte kata berakhiran konsonan
• Dikte dan menyalin kalimat sederhana

BAHASA ARAB/INGGRIS
========================================================
Tema diri sendiri:
1. Saya = I = انا 7.Wajah = face = وجه
2. Kepala = head = راس 8.Mata = eye = عين
3. Tangan = hand = يد 9.Telinga = ear = أذ ن
4. kaki = foot = رجل 10.Hidung = nose = انف
5. Rambut = hair = شعر 11.Lidah = tongue = لسان
6. Perut = stomach = بطن 12.Kulit = skin = جلد

Tema lingkunganku:
1. Bapak = father = اب 13.Toko = shop = دكان
2. Bapakku = my father = ابي 14.Pintu = door = باب
3. Ibu = mother = أم 15.Jendela = window = نافذة
4. Ibuku = my mother = أمي 16.Dinding = wall = جدار
5. Kakek = grand father = جد 17.Lantai = floor = بلاط
6. Nenek = grand mother= جدة 18.Atap = roof =سقف
7. Adik perempuan = younger sister = أخت صغيره 19. Sekolah = school =مدرسه
8. Adik laki-laki = younger brother =اخ كبير 20.Rumah sakit = hospital=مستشفى
9. Guru perempuan = teacher = استاذة 21.Murid perempuan = student = تلمذة
10. Guru laki-laki = teacher = أستاذ 22.Murid laki-laki = student =تلمذ
11. Kantor = office = د كان
12. Kelas = class = فصل

Tema kebutuhanku:
1. Nasi = rice =رز 9. Celana = trouser =سروال
2. Susu = milk =لبن 10.Kerudung = cap =خمار
3. Sayur-sayuran = vegetable =خضروات 11.Kaos kaki = stocking =جورب
4. Buah-buahan = fruit =فاكهة 12.Sepatu = shoes =حذاء
5. Telur = egg =بيضة 13.Sabun = soap =صابون
6. Daging = meat =لحم 14.Pasta gigi = tooth paste =معجون الاسنان
7. Ikan = fish =سمك 15.Sikat gigi = brust =فرشات الاسنان
8. Handuk = towel =منشفة

Tema binatang:
1. Sapi jantan = cow =ثور 7. Gajah =elephant =فيل
2. Sapi betina = cow = بقرة 8. Ayam Jantan = cock=ديك
3. Onta = camel =جمل 9. Ayam betina = hen=دجاجة
4. Burung = bird =طائر 10. Itik = duck =بطة
5. Kambing = goat =غنم 11. Kelinci= rabbit=أرنب
6. Lebah = honey bee =نحل 12. Semut = ant =نمل

Tema tanaman:
1. Jeruk = orange =برتقال 7. Tomat = tomato =طماتم
2. Apel = apple =تفاح 8. Nanas =pineapple =انانس
3. Mangga = mango =منغا 9. Semangka = Water melon=بطيح
4. Jambu = guava=قوافة 10. Pepaya = Papaya =ببايا
5. Kurma = date =تمر 11. Pisang = Banana =موز
6. Anggur = grape=عنب

Tema bepergian:
1. Mobil = car =سيارة
2. Sepeda = bycle =دراجة
3. Kerete api = train =قطار
4. Kapal laut = sheep =سفينة
5. Sepeda motor= motorcycle=جوالة

Tema pekerjaan:
1. Petani = farmer =فلاح 5. Penjahit= tailor =خياط
2. Pedagang = seller =تاجر 6. Guru= teacher =مدرس
3. Dokter = doctor =طبيب 7. Perawat= nurse =ممرضة
4. Pegawai = official =موظف 8. Nelayan= fisherman=سماك

Tema air, udara, api:
1. Air = water=ماء 8. Hitam = black =أسود
2. Udara =air =هواء 9. Merah = red =أحمر
3. Angin=wind =ريح 10.Kuning = yellow =أصفر
4. Minum=drink =شرب 11.Hijau = green =أخضر
5. Mandi=bath =إغتسل 12.Biru = blue =أزرق
6. Ap =fire =نار 13.Putih = white =أبيض
7. Listrik=electric =كهرباء 14.Coklat = brown =بني

Tema alat komunikasi:
1. Radio = radio =مذياع 4. Pos = post =بريد
2. Televisi = televition =تلفاز 5. Koran = newspaper=جريدة
3. Telepon = telephone =هاتف 6. Majalah = magazine =مجلة

Tema tanah airku:
1. Negara = country =بلد 3. Desa = village=قرية
2. Pulau = island =جزيره 4. Kota =city =مدينة

Tema alam semesta:
1. Matahari = sun =شمس 9. Bintang = star =نجم
2. Bulan = moon =قمر 10.Bumi = eart=أرض
3. Gunung = mountain =جبل 11.Pagi =morning=صباح
4. Laut= sea =بحر 12.Sore = evening= مساء
5. Langit = sky =سماء 13.Banjir = flood =سيل
6. Hari = day =يوم 14.Halilintar = tunder=رعد
7. Siang = afternoon=نهار
8. Malam = night =ليل
Nama-nama hari:
1. Seni = Monday =يوم السنين 5. Jum’at= friday =يوم الجمعة
2. Selasa = Tuesday =يوم الثلاثاء 6. Sabtu=saturday=يوم السبت
3. Rabu = wednesday =يوم الأربعاء 7. Minggu = sunday=يوم الأحد
4. Kamis = thursday =يوم الخميس
Bilangan 1-10
1. Satu = one =واحد 6. Enam = six =ستة
2. Dua = two =إثنان 7. Tujuh = seven=سبعة
3. Tiga = three =ثلاثة 8. Delapan = eight =ثمانية
4. Empat = four =أربعة 9. Sembilan = nine =تسعة
5. Lima = five =خمسة 10.Sepuluh = ten =عشره

Iklan

14 Komentar »

  1. ummu kayyisa Said:

    Barakallahu fiikum….jazakillah khoiron mbak zai…

  2. mutianova Said:

    Subhanallah… bagus dan seru…
    jadi semangat ngajarin si kecil.. semoga bermanfaat buat ibu2 yang lain^^

  3. tsani Said:

    umm izin copy untuk UK n Umamah di rumah ya,, jazakillah khayr..wa barokallahu fiykum

  4. muthmainnahd5delima Said:

    umm izin copy ya untuk anak2, jazakillah. barakallahu fiik

  5. irhamni Said:

    Asswrwb, ijin copy ya bu…

  6. ummu 'aisha Said:

    Bismillah.Um,afwan ijin mengambil manfaat dr artikel ini ya…

  7. shobiroh Said:

    subhanallaah…manfaat sekali…izin copy ya um…

  8. nur siti sa'adah Said:

    asalamualaikum. Um. saya minta ijin mengambil manfaat dri artikel ini….

  9. ayu Said:

    Assalamu’alaikum, izin copy y, sukron.., 🙂

  10. viena suryaningtyas Said:

    alhamdullilah hasil pencarian yang begitu lama…akhirnya dapat yang luengkap kap2…syukron jazakillah khoir..izin copy ya…

  11. ummuhana Said:

    Umm…ijin copy ya… Jazakumullah khoir…

  12. syilvi Said:

    mau izin copy.. tapi ko ga bisa di copy ya ?

  13. Ummu Fata Said:

    Baarakallahu fiik…izin copy ya, jazakillahu khoir…

  14. yanti Said:

    ijin copi ya bu..jazakumulloh khoir


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: