Archive for Uncategorized

Belajar Tega! Anakku Bisa kok Makan Sendiri

Bismillah,

Bagaimana kabar bundas hari ini?

Masih dengan semangat membara ibu profesional kan yaa..

ayo.. ice break dulu bund biar selalu semangaat pagiiii!

Check sound……Huha

What your Problem?…….No Problem

What’s?……Challenge!!

what’s?……..CHALLENGE!!

Protect Your Self…….Cancel cancel go away

Ibu professional….huuuu Yes!

================================

Yup, tulisan kali ini adalah salah satu challenge dari master mind menulis Institut Ibu Profesional.  Bimbingan suhu kita Bapak Burhan Shodiq (Penulis buku Best Seller: Ijinkan Aku Menikah Tanpa Pacaran, Kau memang Cantik, dll). Menulis cepat, menggulirkan ide bak air mengalir.

3 kata kunci nya adalah:

Kata benda: anak

kata kerja: makan

kata sifat: kurus!

 

Mari mulai menulis cepat dan meaning full.

… continue reading this entry.

Iklan

Bermain, Bercerita, Membaca, Horeee aku bisa!! -;cara raihan belajar baca;-

Image

Bismillah,

Kesempatan kali ini  pengen sedikit berbagi tentang sebuah metode ‘Belajar Membaca’ yang disukai Raihan (3y+) di rumah.

Definisi singkat model metode ini adalah belajar membaca dengan bercerita dan melibatkan anak.

 

Latar Belakang

  • Merespon adanya aturan diknas yang melarang pengajaran calistung pada anak usia dini/preschool memakai sistem buku, karena khawatir akan membebani anak. So di sekolah raihan (ibnu abbas) selalu explor metode2 pengajaran calistung dengan bermain yang menyenangkan.
  • Metode ini sebenarnya adapted dari ustadzah Desta ‘Hafiza Alfakeeha’. Metode ini dipakai untuk mengajar siswa di kelasnya (diadaptasi jg oleh guru2lain menyesuiakan jenjang kelas masing2) belajar membaca yang menyenangkan, gak mbosenin apalagi membebani anak.
  • Alasan utama kenapa memilih metode ini buat raihan sebenarnya lbh karena melihat si raihan itu tipikal anak yang hobi banget cerita, komentar, berbahasa dan imajinasinya tinggi -masyaalloh, laahaula walaa quwwata illa billah- maka dengan belajar membaca dgn metode cerita dan bermain ini sangat mengena buat raihan, karena tampaknya bukan tipe pembelajar visual.
  • Kalau raihan baca pake buku (iqra’ atau AISM) baru baca 1 baris udah komentarnya panjang x lebar, akhirnyaa jadi lamaaa waktu belajarnya untuk fokus pada tulisan kembali. misal diajarin baca huruf ‘ta’ tahu. ntar dikomen dulu sama raihan “tahu itu yg aku makan kemarin ya mi, temannya tempe, tahu itu banyak gizinya, besok aku… bla.. bla…bla..” itu baru satu suku kata, nah kalo sehalaman buku itu? Bisa dibayangkan asiknya ndengarin komen raihan.

  … continue reading this entry.

DRAF KURIKULUM Usia 2-6 Tahun

TEMA DAN SUB TEMA
SEMESTER I

AKU ( 3 Pekan)
1. Identitasku(nama, usia, jenis kelamin, nama ayah/ibu, alamat rumah)
2. Nama anggota tubuh
3. Ciri-ciri anggota tubuh(warna, bentuk jumlah)
4. Kesukaanku(makanan, permainan, warna, kegiatan)
5. Alat indra dan fungsinya
6. Macam-macam rasa(pahit, manis, asin, asam, sepat/sepet, pedas)
7. Macam-macam perabaan(kasar, halus, tajam, panas, dingin)
8. Macam-macam pembauan(wangi, amis/anyir, busuk, sedap)
9. Macam-macam suara(keras, lembut, nyaring, melengking, mendengung, menggema)
10. Macam-macam penglihatan(jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar)
… continue reading this entry.

Muamalah Allah Terhadapmu Sesuai Dengan Muamalahmu Terhadap Hamba-Nya

Renungan bagi kita semua agar senantiasa cermat dan berhati-hati memilih sikap terbaik dalam bermuamalah dengan orang lain. Muamalah Allah Terhadap kita Sesuai Dengan Muamalah kita Terhadap Hamba-Nya.

wa nastaghfirullohal adzim, wallohul musta’an

*********************************

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على رسول الله نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن والاه, وبعد:

 

Di dalam sebuah Hadits, Rasulullah shallallahu “alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah ta”ala hanya merahmati hamba-hambaNya yang pengasih.” (HR. Bukhari).

Bukankah perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan?, barang siapa yang mengasihi makhluk, maka ia akan dikasihi al-Kholiq (pencipta), Rasulullah shallallahu “alaihi wa sallam bersabda: “Orang yang pengasih akan di kasihi Dzat yang Maha Pengasih, kasihilah yang di bumi, maka yang di langit akan mengasihimu.” (HR. Tirmidzi).

 

Balasan suatu perbuatan sesuai dengan perbuatan tersebut.

 

Allah ta”ala bermuamalah dengan hamba sesuai muamalah hamba terhadap sesamanya, maka bermuamalah-lah dengan hamba Allah ta”ala dengan muamalah yang mana engkau mengharapkan Allah ta”ala bermuamalah seperti itu terhadapmu.

 

Allah ta”ala berfirman: “Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni mereka maka sesungguhnya Allah ta”ala Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. at-Taghobun: 14).

… continue reading this entry.

Sebait Syukur di Meja Makan

Bismillahirrahmanirrahiim,

Terinspirasi dari perkataan Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, “Para pemilik harta makan dan kami juga makan, mereka minum dan kami juga minum, mereka berpakaian kami juga berpakaian, mereka naik kendaraan dan kami pun naik kendaraan. Mereka memiliki kelebihan harta yang mereka lihat dan dilihat juga oleh selain mereka, lalu(di akhirat) mereka menemui hisab atas harta itu sedang kita terbebas darinya.”

Dalam setiap detik menit kita, dalam setiap helaan nafas yang begitu sejuk mengalir dalam tubuh kita sesungguhnya lebih banyak yang dapat kita syukuri dalam hidup ini.

Benarlah bahwa qonaah yang menggamit rasa syukur adalah harta termahal di dunia, dengan kesempurnaan syukur akan mampu merubah kesempitan menjadi kesempatan, dengan tetapnya qonaah akan mampu merubah kefakiran menjadi rasa layaknya raja diraja dunia. subhanalloh…
… continue reading this entry.

Bijak Membantu Anak menyelesaikan Masalah

disusun oleh : Ummu Raihan
Untuk Majalah Ababil

loveKemampuan menyelesaikan masalah dengan rapi dan bijak adalah salah satu modal besar dalam pergaulan anak agar ia tidak mengalami kesulitan dalam berteman .pengasahan kemampuan ini di dasari dan di mulai dari bagaimana kita mengajari anak menyelesaikan masalah dirumah.

… continue reading this entry.

M.a.H.a.R

loveSungguh pernikahan adalah saat yang dinanti-nanti bagi sepasang hati yang saling berjanji untuk mengikatkan cinta dalam balutan ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menikah bagaikan mendulang kebahagiaan yang berlimpah. Ada satu dari beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak menikah, yaitu mahar atau maskawin.

Mahar adalah tanda kesungguhan seorang laki-laki untuk menikahi seorang wanita. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berfirman, “Berikanlah mahar (maskawin) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang wajib. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mahar itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (Qs. An-Nisa’ : 4)

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan memberikan mahar kepada wanita yang hendak dinikahi, maka hal tersebut menunjukkan bahwa mahar merupakan syarat sah pernikahan. Pernikahan tanpa mahar berarti pernikahan tersebut tidak sah, meskipun pihak wanita telah ridha untuk tidak mendapatkan mahar. Jika mahar tidak disebutkan dalam akad nikah maka pihak wanita berhak mendapatkan mahar yang sesuai dengan wanita semisal dirinya (’Abdurrahman bin Nashr as-Sa’di dalam Manhajus Salikiin hal. 203).

islam memiliki kaidah bahwa Kita (pihak wanita) bebas menentukan bentuk dan jumlah mahar yang kita inginkan karena tidak ada batasan mahar dalam syari’at Islam. Namun Islam menganjurkan agar meringankan mahar. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sebaik-baik mahar adalah mahar yang paling mudah (ringan).” (HR. al-Hakim : 2692, beliau mengatakan “Hadits ini shahih berdasarkan syarat Bukhari Muslim.”)

… continue reading this entry.

Wahai Para Suami! Apakah Kau Kira Istrimu Lebih Baik daripada Istri-Istri Nabi?

Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf

I. PENGANTAR

Kalau selama ini kehidupan rumah tangga dinamakan dengan sebuah bahtera itu mungkin ada benarnya, karena dalam sebuah keluarga tidak akan ada yang selamat dari adanya riak-riak kecil gelombang lautan yang dihembuskan angin sepoi-sepoi sampai adanya sebuah badai yang dasyat. Bersatunya dua insan yang punya karakteristik, latar belakang, pendidikan, mental dan lainya yang mungkin serba berbeda akan banyak menimbulkan banyak gesekan. Dari sinilah maka sebuah pertengkaran kecil, perseteruan unik dalam keluarga sudah dianggap sebagai bumbu pelengkap kelezatan hidup dalam kebersamaan.

Namun, kalau hal itu tidak diatasi dan disikapi dengan bagus dan arif, maka yang namanya pertengkaran kecil itu akan menjadi sebuah bumerang yang terkadang bisa mengkandaskan bahtera itu sebelum sampai pada cita-cita impian bersama.

Sangat miris hati ini saat mendengar bahwa para ibu-ibu banyak yang memakan daging suami mereka sendiri. Banyak suasana ngobrol yang seharusnya bisa diisi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat, malah menjadi lainnya. Terdorong untuk menasehati sesama muslim karena memang agama ini adalah nasehat, maka hati inipun tergerak untuk menggugah dan tangan inipun mulailah menorehkan untaian kata-kata ini.

Pada awalnya saya agak bingung dari siapa saya harus memulai, apakah dari suami ataukah istri, karena saya yakin masalah ini tidak bisa dibebankan pada salah satu saja, namun karena saya adalah laki-laki yang juga suami, maka lebih baiknya kalau saya mulai dari jenisku sendiri para kaum suami.

Bacalah, resapilah lalu renungkanlah mudah-mudahan ini bisa menjadi setitik obat bagi sebuah luka dan semoga rumah tangga menjadi penuh dengan berkah baik saat senang maupun susah, baik saat lapang maupun sempit.

… continue reading this entry.

Bersahabat dengan Demam

gambardemam, bagi sebagian kalangan masih dianggap sebagai momok yang mengancam. padahal tidak mesti demikian. justru demam membantu tubuh menciptakan lingkungan yang kondusif untuk melawan virus yang masuk. namun perlu diwaspadai juga agar demam tidak menimbulkan komplikasi sehingga membahayakan bagi tubuh.. tak kenal maka tak sayang.. mari berkenalan dengan si ‘demam’ ini agar kita dapat mengambil tindakan tepat tanpa panik saat si’ demam menyapa kita atau keluarga kita.. … continue reading this entry.

Tak Sekedar Kebahagian Semu

gambarSore itu, ber-back ground mendung yang menggelayut menyelimut lazuardi, sahabatku deras mengurai air matanya, rupanya kegundahan bercampur sedih tlah begitu membuncah menyesakkan dadanya, sejak kemarin sejak dia sahabatku menerima telepon dari seorang yang mengatakan bahwa dia mendapat tawaran bergabung dengan sebuah LPM untuk sebuah proyek kemasyarakatan. -kerja lapangan dengan gaji cukup menjanjikan namun tentu mengancam sisi ke ‘akhwatan’ seorang ahwat- Bisa dibayangkan, kerja lapangan di desa pelosok bersama tim yang terdiri dari 3 orang kesemuanya laki2 kecuali sahabatku ini? sungguh kecil kemungkinan selamat dari hal-hal yang tidak syar’i.
Apa gerangan yang membuatnya gundah tak tertanggungkan?
… continue reading this entry.

« Previous entries